PTSL 2021 DESA BITING

Masalah yang kerap terjadi salah satunya pengklaiman tanah oleh pihak lain karena sang pemilik asli tidak memiliki surat-surat yang lengkap. Menanggapi permasalahan tersebut, Pemerintah pada akhirnya membuat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). PTSL telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018.

Menindaklanjuti Instruksi tersebut maka pihak Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN mengadakan program PTSL. Tidak luput pula BPN Kabupaten Ponorogo, tengah melakukan kegiatan tersebut di Desa Biting Kecamatan badegan Kabupaten Ponorogo di awal tahun 2021 ini.

Program ini bertujuan untuk mempermudah akses keabsahan tanah bagi pemiliknya. Meski begitu, program ini tetap menuntut Anda untuk memenuhi persyaratan yang diajukan pemerintah. Berikut ini adalah diantara syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon.

  1. Dokumen Kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Surat tanah yang bisa berupa letter C, Akte Jual Beli, Akte Hibah atau Berita Acara Kesaksian, dll.
  3. Tanda batas tanah yang terpasang. Perlu diingat, tanda batas tanah ini harus sudah mendapat persetujuan pemiliki tanah yang berbatasan.
  4. Bukti setor Bea Perolehan atau Surat Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Penghasilan (PPh) .

Setelah diadakan sosialisasi kepada masyarakat terutama Calon Pemohon Sertifikat, lalu dibentuklah Pokmas yang akan menangani Kegiatan PTSL ini, yang melibatkan masyarakat, lalu mengadakan pendaftaran pemohon sertifikat secara bergantian yang terbagi dalam 3 (tiga) wilayah dukuh.

Pada saat ini ( 2 Pebruari 2021) proses PTSL sudah memasuki tahap persiapan Pemasangan patok, yang kegiatan pengadaan patok inipun mulai dikerjakan sendiri oleh Pokmas yang ada.

proses pembuatan begisting patok
Patok yang siap untuk didistribusikan

Dijadwalkan minggu depan semua patok sudah selesai pendistribusiannya dan bisa dilanjut ke proses pemasangan patok dan pengukurannya. Dimohon kerjasama antara pemohon, masyarakat, Pokmas dan Pemerintah Desa Biting untuk selalu berkoordinasi agar program ini berjalan dengan baik sesuai prosedur dan penjadwalan. Semoga Sukses mawon. kimbiting.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *