Upaya pelestarian budaya kearifan lokal

Pagelaran Reog

Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. . Reog adalah salah satu bukti budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

Pelestarian budaya era milenial, Mahasiswa KKN Situs FAI Ponorogo bekerjasama dengan   pengelola Sumorobangun Flowers (SBF) dan SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro menggelar Tari Reog Suryo Manggolo Mudho pada hari libur Jum’at 25 Desember 2020.

Kegiatan Tari Reog Suryo Manggolo Mudho adalah salah satu rangkaian kegiatan Mahasiswa KKN FAI Ponorogo untuk mengenalkan kepada generasi milenial dan masyarakat sekitar serta pengunjung taman Sumorobangun Flowers, ujar ketua KKN Situs FAI Ponorogo (Warko/Bilal). Lebih lanjut ketua Mahasiswa KKN menjelaskan, tidak hanya mengenalkan, Tari Reog Suryo Manggolo Mudho diharapkan tetap ada dan terlestarikan.

Kegiatan yang diadakan di taman SBF merupakan kegiatan yang menarik dan perlu dilestarikan, agar generasi milenial menjaga dengan melestarikan budaya khas Ponorogo Ujar (Andre 40 tahun) salah satu pengunjung yang menyaksikan pagelaran tersebut.

 Pengelola Sumorobangun flowers ( Suyoto) berharap dengan adanya Pagelaran Budaya di hari libur dapat memberi kesempatan kepada para pengunjung untuk mengenal Tari Reog Khas Ponorogo serta mampu dikenal oleh masyarakat luas maupun manca Negara.

3 Responses to Upaya pelestarian budaya kearifan lokal

  1. Bilal berkata:

    Lestarikan terus budaya kita..jangan sampai di akui oleh negara lain, karena budaya merupakan salah kekayaan suatu bangsa.

  2. admin berkata:

    yang lokal az banyak….knapa harus import ya bang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *