JANGAN RAGUKAN KHASIAT MADU

Seiring Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia, banyak ilmuwan berspekulasi, mengadakan kajian-kajian ilmiah tentang penangkal penyebaran virus ini, serta beberapa penelitian medis, diantaranya ada yang berusaha menciptakan vaksin yang berguna untuk menambah daya tahan tubuh, yang hingga kini masih dalam proses penyesusaian dengan prosedural pemerintah. Namun tanpa mengesampingkan usaha mereka (para ilmuwan) sebenarnya bagi kita umat Islam sudah mendapatkan jawaban akan hal ini, dijelaska,n dalam Al Qur’an, dalam Surat An-Nahl ayat 69, Alloh berfirman :

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah SWT) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Jadi Dengan keyakinan dan keimanan kita, bahwa Lebah Madu adalah salah satu obat penyembuh penyakit bagi manusia, termasuk Virus Corona ini.

Dalam pemenuhan kebutuhan madu bagi manusia, berbagai jenis madu sudah banyak diketahui orang diantaranya madu hitam, madu lebah Lanceng, Madu Lebah Liar dsb. Berbagai budidaya Lebah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Diantara Peternak Lebah madu diantaranya adalah Peternak Lebah jenis Apis Melifera yang dapat menghasilkan madu lebih banyak daripada madu alami, walaupun kualitasnya di bawah madu alami (Lebah liar). Dan ternyata banyak keunikan tersendiri dalam kehidupan lebah ini, dalam proses penangkaran ratu lebah hingga proses produksi madu inipun banyak sekali ilmu dan hikmah yang didapatkan, selain khasiat madu itu sendiri.

Beberapa kesalahan sering terjadi dalam perawatan/penyimpanan Madu. Biasanya setelah panen madu dari kandang/sarang, banyak peternak memasak madu beserta sarangnya, ini merupakan kebiasaan yang tidak benar, karena akan mematikan enzym-enzym yang sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh kita, ataupun disimpan dalam freezer, itupun juga akan mengurangi manfaat madu itu sendiri. Madu tidak mengenal kadaluwarsa asal disimpan ditempat yang benar.

Dengan mengkonsumsi madu disetiap hari, akan menambah dan menguatkan sistem kekebalan tubuh manusia, menambah stamina, mengurangi rasa lapar dan juga menambah vitalitas manusia juga. Demikian betapa bermanfaatnya madu bagi kesehatan tubuh kita, apalagi bagi kaum muslim yang percaya pada Firman Nya…. Wallohu a’lam bish showab…… (Rimacilik.kimbiting.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *