NGALAP BERKAH

SETONO PANGONAN Part 2

Biting, 6 Nopember 2020. Sejak Ba’da Subuh hari ini (Jum’at Legi), sudah terlihat banyak kegiatan warga mulai berdatangan ke Setono Pangonan yang ada di Sebelah Utara Desa Biting Kecamatan badegan Kabupaten Ponorogo, dengan membawa peralatan sesaji/ritual menurut kepercayaan mereka. Dengan berjalan kaki menaiki bukit, dikarenakan jarak lokasi parkir dengan Lokasi Setono pangonan sekitar 70 m.

Suasana Warga Carngrejo yang telah selesai Do’a bersama di Setono Pangonan dilanjutkan makan bersama.

Ada beberapa yang berbeda dari rutinitas Jum’at legi pada tahun ini, dikarenakan bertepatan dengan acara Sedekah Bumi yang diadakan oleh Warga desa tetangga yang diadakan di Setono Pangonan, maka kebanyakan yang hadir saat ini adalah warga dari desa tersebut (Desa Carangrejo Sampung). Hari itu mereka mngadakan ritual sedekah bumi di Area Bendung Sumorobangun dan Setono pangonan secara bersamaan.

Menurut Bapak Kamsun Kades Carangrejo, Acara Sedekah Bumi, di Sumorobangun dan di Setono Pangonan dimaksudkan untuk memohon pada Alloh SWT agar senantiasa kebutuhan air pertanian yang didapatkan dari Bendung Sumorobangun lancar dan mencukupi kebutuhan petani di desa tersebut. Maka mereka membawa sesajen dan melakukan do’a bersama di Setono Pangonan yang menurut riwayat masih ada rentetan sejarah asal-usul Air Pertanian Desa Carangrejo yang berasal dari Desa Biting.

Warga yang mengadakan do’a di Setono pangonan

Selain Rombongan dari Desa Carangrejo, ada beberapa penduduk desa lain yang juga ikut melakukan do’a di Setono Pangonan pada pagi itu juga, dengan maksud memohon berkah dari Yang Maha Kuasa, agar dilimpahkan keberkahan atas usaha mereka. Wallohu a’lam bish-showabi.

Apapun keyakinan mereka, sejarah tetap akan dibaca, dikenang dan dijadikan bahan untuk diceritakan pada generasi penerus. Setono Pangonan menjadi bagian sejarah Babad Ponorogo Wilayah barat, yang menjadi pelengkap wisata sejarah Ponorogo. (AbuzoelfA.kimbiting.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *