Biting dinyatakan sebagai Desa ODF Murni

Kimbiting.com. Setelah melalui berbagai tahapan dan mekanisme tertentu, pada hari, Rabu 14 Oktober 2020. Desa Biting Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo dinyatakan sebagai Desa ODF Murni tanpa catatan. Begitulah keputusan yang dihasilkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo pada saat verifikasi ke Desa Biting pada hari tersebut.

Setelah melalui tahapan monitoring beberapa minggu yang lalu, kemudian saat diverifikasi oleh Tim Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Ponorogo bersama Tim dari UPT Puskesmas Badegan, pada hari tersebut berkunjung ke rumah-rumah penduduk, untuk mengetahui, menyanyakan akses kepemilikan dan penggunaan sarana BAB di tiap-tiap rumah, maka dihasilkan data-data bahwa seluruh Rumah tangga di Desa Biting sudah memiliki akses Jamban sendiri, baik Leher angsa maupun Jamban cemplung yang sudah memenuhi standar kesehatan, serta perilaku masyarakat untuk tidak BAB di sembaranag tempat.

Tim dari Dinas Kesehatan kabupaten Ponorogo menemui warga pada acara Kunjungan Verifikasi Desa ODF
Pengumuman Hasil Verifikasi Desa ODF

Keberhasilan ini atas kerjasama Pemerintah Desa Biting bersama masyarakat, yang terus menerus dipicu dan dipacu untuk segera terbebas dari Perilaku yang tidak higienes terutama urusan BAB, apalagi Desa Biting merupakan Desa Wisata yang salah satu wahana nya adalah wahana air sungai, sehingga air sungai pun harus terbebas dari sampah manusia. Demikian peetikan sambutan dari Bambang warsito, SPd. Kades Biting pada saat sambutan pengumuman keberhasilan meraih predikat ODF Murni tersebut.

Mudah-mudahan keberhasilan ini terus ditingkatkan, tidak hanya mngejar predikat/penghargaan dari pemerintah, tetapi untuk senantiasa menjaga kesehatan lingkungan demi kesehatan dan kenyamanan kita bersama. Bersyukur kepada Alloh, SWT atas karunia kebersamaan dan kerjasamaya warga desa dengan dukungan berbagai instansi terkait seperti Koramil badegan dan UPT Puskesmas Badegan……(abuzoelfa.kimbiting.com)

Acara Ramah tamah menyambut keberhasilan Desa Biting sebagai Desa ODF Murni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *