SUMOROBANGUN FLOWER (SBF) alternatif wisata alam di wilayah Ponorogo

Wisata Alam berupa Taman Bunga yang berada di Desa Biting Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo merupakan tempat wisata sekaligus Rest Area, karena berada di tepi jalan raya Jurusan Ponorogo-Wonogiri, Tepatnya 21 KM dari Kota Ponorogo ke Arah Barat (Wonogiri.red) Dijadikan Rest Area karena sepanjang perjalanan dari Ponorogo ke Wonogiri inilah salah satu Rest Area dengan Panorama yang sangat indah dan ramai disinggahi pengendara motor. Dijadikan Wisata Alam karena terdapat wahana alami berupa Jembatan pelangi, Wahana Air di sungai, Taman Bunga dan Kebun Pertanian milik penduduk

Bertahan di era pandemi

Di masa pandemi covid 19 ini dari sekian banyak destinasi wisata yang berada di Kab Ponorogo mengalami kelesuaan, dikarenakan himbauan dari pemerintah semua area wisata di haruskan dilakukan penutupan untuk memutus rantai perkembangan covid-19, sehingga banyak Pengelola wisata menjadi gulung tikar dan memilih untuk menutup lokasi wisatanya. tidak luput juga di SBF ini, yang baru saja dibuka di akhir tahun 2019, terkena dampaknya.

Gazeebo SBF

Akan tetapi selama penutupan tersebut, justru Pengelola SBF berbenah diri untuk menyiapkan beberapa wahana dan memperbaiki kondisi isi (bunga-bunga) serta fasilitas lainnya guna menyambut era New-Normal. Termasuk membuat wahana air (untuk koceh anak), Pembuatan Menara bambu, Patung binatang, pengadaan Gazeebo, Pembuatan Jembatan bambu dan menambah Spot selfie.. Selain itu juga memperbarui dan memperbaiki bunga yang telah layu/mati serta membangun Talud Penahan tanah di sisi selatan Taman SBF.

Setelah era New Normal diberlakukan, dibuka sudah loket Taman Wisata Sumorobangun Desa Biting Kecamatan badegan untuk umum. Hanya dengan membayar Parkir kendaraan, pengunjung bisa menikmati wahana wisata alam dan beistirahat di sini. Selain murah, pengunjung juga dihibur oleh beberapa sajian misalnya elekton (organ tunggal), badut, serta Seni Tayub atau pagelaran reog, sesuai jadwal yang telah disiapkan.

Taman Wisata SBF sendiri dikelola oleh Pokdarwis Moroseneng dan bernaung di bawah BUMDESA Mitra Wahana Sejahtera, milik Desa Biting. Jadi Anggaran pengelolaan di Taman Wisata ini melalui Bumdesa tersebut.

Petugas/karyawan yang ada saat ini berjumlah 15 Orang termasuk Penjaga Tiket, Parkir, Kebersihan,Perawat taman, Keamanan, Kesehatan dan Humas. Semua adalah Penduduk Desa Biting. Dari rasa memiliki karena merasa ini adalah asset Desa maka mereka merelakan sebagian tenaganya untuk membangun dan menghidupkan pariwisata di Desa Biting ini.

Dengan segala kerendahan hati dari masyarakat Desa Biting, berharap suguhan wisata Taman SBF dapat menjadi alternatif tujuan wisata dan rest area anda semua. Kunjungan Anda kami nantikan (SBF-Kimbiting.com)

One Response to SUMOROBANGUN FLOWER (SBF) alternatif wisata alam di wilayah Ponorogo

  1. fajar setiawan berkata:

    Mantap. Lanjutkan. Aku dan komunitas Espass Ponorogo sudah berkunjung kesini, tempat sangat nyaman .parkir luas. Cocok untuk berkumpul, makanannya juga pas, nggak menguras kantong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *