DESA BITING MENUJU ODF

Kimbiting.com. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat kesehatan sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutus rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Demikian petikan sambutan yang disampaikan oleh Petugas Sanitarian UPT Puskesmas Badegan, NURUL HAYATI, AMKL, pada saat mengadakan kunjungan ke Desa Biting Kecamatan Badegan Kab. Ponorogo dalam rangka Monev terkait proses menuju Desa Biting yang Bebas Buang Air Besar di sembarang Tempat atau ODF (Open Defecation Free), hari ini Kamis 01 oktober 2020.

Hal ini merupakan konsekwensi kita saat verifikasi dan persyaratan Desa saat menerima Program PAMSIMAS (Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) Tahun 2019 yang lalu, bahwa Desa siap untuk ODF, tegas Kades Biting (Bambang Warsito, SPd). Sehingga sejak itu kami selalu memicu dan mendorong masyarakat yang belum memiliki akses BAB yang sesuai dengan persyaratan kesehatan untuk segera memilikinya.

Meskipun tidak harus mewah, sarana BAB (Jamban keluarga) tersebut yang penting sehat. Bahkan pada saat kunjungan tersebut masih ditemukan ada yang memiliki jamban cempung, akan tetapi sudah memenuhi syarat kesehatan. ini merupakan langkah yang ditempuh Pihak Pemerintah Desa dalam pemicuan program ODF tersebut. bahkan dalam pengerjaannya dilakukan secara bergotong-royong.

Di akhir kunjungannya di Desa Biting, lebih lanjut sanitarian dari UPT Puskesmas Badegan menyampaikan harapan dan himbauan , dengan akses kepemilikan jamban keluarga yang mencapai 100% di Desa, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. sehingga dapat mencegah penularan penyakit berbasis lingkungan.

Pemerintah Desa Biting sangat gembira menyambut keberhasilan dalam pemenuhan target ini, terima kasih pada Dinas Kesehatan (UPT Puskesmas Badegan), pendamping program dari Koramil Badegan, seluruh masyarakat Desa, semoga Pengakuan berupa Sertifikat ODF dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo segera diterbitkan dan Desa Biting sudah terbebas dari Budaya Buang air di Sembarang Tempat atau ODF. (abuzoelfa-kimbiting.com)……..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *