Waspadai Anthrax, Dinas Peternakan Bertindak.

Pengambilan sapel darah (Abuzoelfa.red)

Ditengah Pandemi yang belum beranjak pergi, Dinas Peternakan Provinsi Jatim pun juga antisipasi penyebaran Virus Anthrax , Khususnya di Desa Biting pada hari ini, Rabu, 9 September 2020 dilakukan pengambilan sampel darah ternak untuk diuji lab, tentang kemungkinan kesehatan ternak tersebut.

Seperti diketahui bahwa Penyakit Antraks adalah penyakit zoonosis yang berarti dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Antraks disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis yang biasa menyerang hewan ternak pemakan rumput seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.

Maka sebagai langkah antisipasinya Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan Pemerintah Desa Biting melakukan tes darah dari ternak, dengan mengambil sample darah dari 50 ekor sapi di wilayah Dukuh Brangkal Desa Biting.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Propinsi dan daerah atas langkah-langkah yang ditempuh dalam pencegahan penyebaran Penyakit Anthrax terutama di Desa kami, semoga baik peternak maupun mayarakat bisa mendeteksi secara dini tentang penyakit ini”. Ujar Bambang Warsito, SPd (Kades Biting.red)

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa hasil pengambilan sample darah ini akan menjadi bahan kajian tentang penyakit Anthrax dan penyakit lainnya, baik secara khusus di Desa Biting dan umumnya seluruh masyarakat secara luas.

Pengambilan sampel darah sapi ini dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan kesehatan ternak sapi. Sampel darah ini akan diuji lab di Provinsi, hasilnya akan diberitahukan melalui Dinas Peternakan kabupaten Ponorogo, kurang lebih dalam waktu 2-3 minggu kemudian. Semoga hasilnya sesuai dengan harapan kita bersama. Sehat ternaknya sehat pula peternak dan masyarakatnya. (abuzoelfa)

0 Responses to Waspadai Anthrax, Dinas Peternakan Bertindak.

  1. utama berkata:

    KIM Desa biting Mantab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *