Tembakau, penopang ekonomi Petani Desa Biting

Salah satu produk penghasilan masyarakat Desa Biting yang sampai hari ini masih menjadi andalan sebagai produk unggulan sekaligus merupakan sumber penghasilan bagi petani dan mempunyai nilai jual yang sangat diharapkan menjadi sumber penghasilan adalah Tembakau

Tanpa mengesampingkan segi kesehatan, produksi tembakau (salah satu bahan pokok rokok) yang sudah turun-temurun digeluti oleh petani di desa ini, merupakan salah satu mata pencaharian yang sagat diharapkan menjadi penopang ekonomi kehidupan masyarakat. hal ini diudukung juga karena ketersediaan lahan yang sagat cocok dengan tanaman ini serta sistem pengairan yang sudah lebih baik dibeberapa tahun belakangan ini (pamsimas.red), akan meningkatkan produktivitas dan kwalitas tembakau akan semakin menjanjikan.

Pada musim panen tahun ini produksi tembakau hampir di semua wilayah Desa Biting merata, Harga jualnyapun dibilang relatif sangat bagus,. bahkan mereka yang mempunyai lahan luas, akhirnya dapat merasakan hasilnya. “Alhamdulillah, ditengah Pandemi Corona ini kami sangat terbantu sekali dengan hasil panen tembakau” Kata Sukirno( 57 th, salah satu petani tembakau di Dukuh Kresek.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Hanya harga tembakau inilah yang tidak terdampak oleh pandemi, sehingga di tengah keterpurukan ekonomi saat ini kami masih bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Secara umum produktivitas meningkat, kualitas membaik dan didukung harga jual yang tinggi akan semakin meningkatkan penghasilan baggi masyarakat petani tembakau. semoga harapan mereka terkabul….(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *